Villa Khayangan, One Stop Destination yang Cocok untuk Keluarga dan Milenial

47 0

BOGOR – Salah satu wilayah yang memiliki destinasi wisata yang cukup representatif dengan segala fasilitas penunjangnya adalah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ya, di kota berhawa sejuk ini kita bisa mendapat ragam destinasi wisata untuk melepas penat di akhir pekan. Salah satunya adalah Villa Khayangan yang terletak di kawasan Jalan Puncak Dua, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur.

Villa yang berada di ketinggian seribu meter di atas permukaan laut ini tak hanya sekadar akomodasi, namun juga menyajikan bermacam atraksi. Owner Villa Khayangan, Arifin sepertinya sadar betul konsep pariwisata yang terdiri dari atraksi, amenitas dan aksesibilitas.

Villa Khayangan merupakan sarana akomodasi yang cukup lengkap dalam hal atraksi dan amenitas. Sejumlah fasilitas penunjang seperti restoran, kolam renang, sarana ibadah, taman dan hal lainnya tersedia di sini. Cukup lengkap. “Villa Khayangan ini sudah tiga tahun beroperasi,” kata Arifin membuka perbincangan, Jumat 24 Juli 2020.

Bagi Anda yang ingin menginap, ada tiga pilihan yang bisa Anda jadikan rekomendasi untuk mendapatkan keseruan bersama keluarga atau teman-teman. Villa Khayangan memiliki tiga fasilitas akomodasi berbeda-beda. Ada 6 villa, 14 kamar dan 7 tenda yang terpusat di camping ground.

“Di Villa karena pandemi Virus Corona maka kapasitasnya kita batasi mulai 4 – 10 orang. Untuk di tenda kapasitasnya maksimal lima orang dan kamar kapasitasnya dua orang,” jelas Arifin.

One spot destination. Begitulah Villa Khayangan. Fasilitas komodasi lengkap dengan sarana penunjang seperti atraksi dan amenitas yang cukup lengkap. Cukup menginap di sini, kita dapat menikmati berbagai macam hiburan secara cuma-cuma. Ya, menginap di Villa Khayangan yang tentu saja dengan harga terjangkau kita akan mendapatkan tiket free berwisata selama dua hari, free sarapan dan free tiket pilihan ke sejumlah wahana yang ada di dalam wisata, Di antaranya adalah sepeda gantung, becak gantung, ayunan ekstrem, sepeda air, taman kelinci, flying fox, dan becak mini. Selain wahana juga sudah free ke spot foto dan kolam renng. “Untuk kolam renangnya airnya langsung dari mata air pegunungan, tidak menggunakan kaporit. Sirkulasi airnya pun berlangsung setiap saat,” paparnya.

Pemandangan dari Villa Khayangan sangat eksotik. Udaranya cukup sejuk meski siang hari. Kabut pun sering turun dengan ketebalan tertentu. Dari sini kita bisa menyaksikan undakan sawah yang begitu indah. Indahnya suasana dapat menghilangkan penat dengan view Gunung Batu, Gunung Sebelah dan Gunung Tungku yang bisa kita lihat dari sini.

Villa Khayangan kawasan ekowisata yang patut dikunjungi baik oleh keluarga maupun milenial. Beberapa spot selfie juga sangat asyik di sini. Ada taman hati, taman batu pelangi, balon udara, spot gapura bali, spot sayap bidadari, balon udara dan spot selfie lainnya yang tak kalak epic.

Ke depan, Arifin telah mengagendakan untuk menambah fasilitas di Villa Khayangan. “Saya akan bekerjasama dengan UMKM masyarakat di sekitar sini untuk produk-produk khas masyarakat Desa Wargajaya. Lokasinya telah ditentukan dan dalam waktu dekat segera dibangun. Selain itu, Arifin juga memiliki rencana untuk mengembangkan kebun kopi miliknya seluas 50 hektar untuk menjadi destinasi baru yang terkoneksi dengan Villa Khayangan. “Rencananya saya akan kembangkan menjadi agro-wisata. Di dalam kebun kopi saya juga ada air terjun. Curug Cidulang namanya. Salah satu penghasilan masyarakat di sini memang dari kopi jenis arabika dan robusta,” papar Arifin.

Arifin mengisahkan awal mula ia membuat Villa Khayangan. Beberapa tahun lalu ia membangun satu unit villa untuk tempatnya melepas penat usai beraktivitas. Lokasinya yang cukup eksotik membuat villa dan kawasannya sering dikunjungi wisatawan. “Awalnya mereka hanya duduk-duduk menikmati pemandangan alam. Lama-lama semakin ramai dan menjadi spot selfie,” katanya.

Dari sana kemudian ia memiliki ide untuk membuat kawasan wisata terpadu. Hal pertama yang dibangunnya adalah kolam renang yang dahulu merupakan kolam ikan miliknya. Ide membangun kolam renang sendiri bukan tanpa alasan. “Saya mendapat cerita dari warga kalau anak-anak sekolah di sini kalau pelajaran olahraga berenang itu harus ke daerah yang cukup jauh. Saya terbersit ide agar mereka tak perlu jauh-jauh berolahraga. Saya buatkan fasilitas kolam renangnya di sini,” kenang Arifin.

Tak disangka, langkahnya itu rupanya menuai cibiran dari koleganya. Ya, memang air di sini terbilang cukup dingin. “Awalnya diledek sama kolega. Bangun kolam renang kok di air dingin. Siapa yang mau mandi,” ucapnya. Tapi tekadnya sudah bulat. Ia hanya ingin menyediakan fasilitas untuk sekolah-sekolah di sekitar kawasan agar tak perlu pergi jauh-jauh untuk berenang.

Sejumlah sarana pendukung dibuat. Spot selfie pun dibangun. Pengunjung semakin banyak yang hadir dan menikmati fasilitas Villa Khayangan. Hingar bingar sosial media terutama Instagram membuat Villa Khayangan viral dan semakin ramai dikunjungi wisatawan, yang untuk menginap atau hanya sekadar menikmati fasilitas yang tersedia saja. “Sekarang pada week end itu sekitar 4-5 ribu pengunjung datang ke Desa wisata Wargajaya ,” ucapnya. (*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *