We Love Bali, Yuk Eksplorasi 9 Surga Wisata Bahari Pulau Menjangan

33 0

BULELENG – Pulau Menjangan Bali menjadi surganya pecinta keindahan bawah laut. Kawasan tersebut memiliki 9 point penyelaman dan snorkling yang eksotis. Karakterisknya sangat beragam dengan koleksi coral dan biota lautnya yang penuh warna warni. Kawasan ini menjadi rekomendasi para diver dunia, apalagi CHSE (Cleanlinnes, Health, Safety, dan Environment Sustainability) diterapkan masif di zonasi ini.

“Eksplorasi wisata bahari Pulau Menjanan jadi pengaam seru dan mengsankan. Apalagi, ini kali pertama saya snorkling. Waktu 1,5 jam terasa sangat cepat karena pemandangan bawah airnya sangatlah indah. We Love Bali. Semuanya juga bagus dengan implementasi CHSE,” ungkap Peserta Famtrip We Love Indonesia Sang Ayu Made Mita Joseng yang juga Mahasiswi Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali.

We Love Bali karena semuanya serba aman dari Covid-19. Kesehatan wisatawan pun tetap terjaga. Bukti itu pun dikuatkan melalui Familiarization Trip (Famtrip) Kemenparekraf/Baparekraf, 5-9 November 2020. Percaya semuanya aman, mereka sangat enjoy menikmati surga bahari Pulau Dewata melalui zona Pulau Menjangan. Apalagi, kawasan ini memiliki 9 point penyelaman dan snorkling yang indah.

“View bawah laut Pulau Menjangan sangatlah indah. Snorkling dan diving dijamin sama-sama puasnya. Kami menyediakan fasilitas dive center dan saat ini diberi diskon 20%. Koneksinya ke perairan Pulau Menjangan. Untuk memberi kenyamanan, regulasi CHSE diterapkan ketat. Peralatan dan istrukturnya tetap mengacu kepada CHSE,” papar Resort Manager Mimpi Resort Menjangan Chandra Prasetya.

Komposisi 9 rantai surga bawah air ini diantaranya, Pos 1, Cave Point, Pos 2, Bat Cave, dan Temple Point. Ada juga Coral Garden, Menjangan Slope, Anker Wreck, hingga Eel Garden. Spot tersebut memiliki wall diving dengan panjang hingga 10 Kilometer. Selain terumbu karang, daya tarik lain kawasan ini adalah paus biru. Apabila beruntung, para wisatawan bisa berjumpa Lumba-Lumba dalam perjalanan menuju Pulau Menjangan.

“Berada di kawasan Buleleng harus mampir ke Pulau Menjangan. Viewnya sama-sama indah, baik di atas atau dalam perairan. Perairan Pulau Menjangan memang favorit diving dan snorkling. Kawasan in juga menjadi spot wisata religi. Silahkan datang ke Pulau Menjangan karena semua dijamin oleh CHSE. Operator dive dan snorkling di sana juga banyak,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa.

Untuk Pos 1, gambaran umumnya memiliki visibility 15-25 Meter dengan kedalaman 3-40 Meter. Suhu air berkisar 27-29 derajat celcius. Topografinya unik dengan hamparan fan-corals. Ada juga gorgonia dan coral trees halus yang mengiasi spons. Komposisi lainnya spons piring besar, spons tabung, dan karang lunak. Biota lautnya sangatlah aktif dengan schools of yellow tale. Ada juga trevalle jack, angelfish, lionfish, stonefish, hingga crocodile fish. Lumba-lumba kadangkala masuk perairan ini.

“Pulau Menjangan menjadi kawasan wisata yang lengkap. View semuanya indah. Biota lautnya sangat banyak dan beragam dengan karakteristik khas. Kawasan Pulau Menjangan memang jadi surganya para diver dunia. Pada kondisi normal, sebelum pandemi Covid-19, banyak wisman yang masuk ke sana,” terang Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Rizki Handayani.

Profile unik lainnya juga ditawarkan Cave Point dengan visibility 15-25 Meter dan memiliki kedalaman hingga 3-40 Meter. Untuk suhu air lanya rata-rata 27-29 derajat celcius. Kawasan ini memang ideal untuk snorkling. Topografinya dihiasi soft corals, gorgonium fans, dan tubastrea. Sea fans dan large sponges menyembul dari dinding clamps dan brittle stars.

Bagi penikmat diving, beberapa spot eksotis pun siap diekplorasi. Sebutsaja, Eel Garden yang disebut sebagai surganya perairan Pulau Menjangan. Kedalamannya sekitar 40 Meter dena biota laut lengkap. Pilihan lainnya tentunya Anchor Wrek dengan daya tarik bangka kapal sisaPerang Dunia II. Kapal ini tenggelam sejak abad 19.

“Menjadi paket lengkap, kawasan Pulau Menjangan ini ideal untuk memproduksi konten kreatif media sosial. Berselfie dengan background alam Pulau Menjangan pasti akan mendapat banyak pujian. Yang jelas, kami ingatkan, wisatawan juga harus mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. Enjoy Buleleng, We Love Bali,” jelas Rizki.(*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *