Yuk Seru-seruan di Festival Titik Temu Belitung

264 0

BELITUNG – Kamu suka petualangan? Atau suka traveling ke tempat yang eksotis? Kalau kamu suka keduanya, berarti akhir Juni nanti kamu harus ke Pulau Belitung. Karena Dinas Pariwisata Kabupaten (Disparbud) Belitung siap menggelar acara yang super keren. Namanya Festival Titik Temu Belitung (TTB). Acara ini siap dihelat pada 29-30 Juni di Pantai Ujung Seberang, Pantai Gusong Bugis, Kabupaten Belitung.

Ketua Komunitas Hutan Kemasyarakatan (HKM) Seberang Bersatu, Marwandi mengatakan, festival ini bakal seru. Karena diset khusus untuk generasi millenial. Semuanya akan dibawa untuk bertualang di Belitong.

Penyelenggaraan TTB berada di areal lahan konservasi seluas 757 HKM binaan Kementerian Kehutanan. Di areal ini akan ditambahkan berbagai anjungan foto yang menarik dan tentunya Instagramable. Bahkan sebuah replika kapal sudah dibuat. Kapal ini bisa menjadi tempat foto dan juga terdapat restoran.

“Kapal ini kami buat sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa leluasa berfoto ria. Apalagi akses menuju replika kapal tersebut menggunakan jembatan kayu seperti layaknya akses untuk tempat wisata hutan bakau atau mangrove,” kata Wandi.

Dicatat ya, karena puncak acara Festival Titik Temu akan diselenggarakan 30 Juni sore dengan pertunjukan tari kolosal yang melibatkan 200 penari. Backgroundnya fantastis yaitu pemandangan matahari terbenam. Sehari sebelumnya, tepatnya 29 Juni 2019, acara diawali dengan pesta rakyat.

“Berbagai stan yang melibatkan komunitas dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) akan menjajakan berbagai jenis kuliner khas Belitong dan suvenir. Juga akan ada makan bareng dengan tradisi bedulang. Pokoknya seru banget,” kata Wandi.

Ia juga mengatakan bahwa para milineal bisa datang lebih awal dengan membuka kemah dan menginap di pinggir pantai.

“Kami akan siapkan sejumlah tenda kemah sewaan yang nyaman dan menikmati udara pagi di pinggir laut,” kata Wandi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto menyebutkan, Pantai Ujung Seberang merupakan tempat wisata baru dan belum banyak diketahui oleh wisatawan. Jadi TTB juga menjadi ajang mengeksplor sudut indah di Belitung.

“Pokoknya bakal yang tidak datang dijamin menyesal. Catat tanggalnya. Jangan sampai ketinggalan. Kita jelajahi sudut lain dari Belitung,” ajaknya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani pun menyakini event ini akan fantastis. Karena Belitung punya banyak keajaiban untuk dieksplorasi. Potensinya melimpah tak terkira.

“Boleh dibilang Pantai Ujung Seberang merupakan sudut lain dari Belitung yang tidak hanya menawarkan pantai berpasir putih tetapi juga hutan mangrovenya. Sanga potensial untuk dikembangkan. Bahkan Kemenpar beberapa waktu lalu memboyong sejumlah diplomat ke destinasi ini. Karena memang luar biasa,” ucapnya.

Bukan angin kosong, Pantai Ujung Seberang memang eksotis. Destinasi baru ini menawarkan keindahan alam pantai yang dipadu dengan hutan mangrove dengan nama Belitung Mangrove Park.

Selain itu, kawasan ini juga dilengkapi dengan tambak ikan, tempat edukasi, restoran unik berbentuk kapal yang dilengkapi dengan museum mini. Spot fotobya banyak dengan jembatan kayu yang asik untuk ditelusuri.

“Destinasi ini juga merupakan salah satu spot terbaik menikmati sunset di Belitung. Karena destinasi ini berada sisi barat Pulau Belitung dan menghadap langsung matahari tenggelam. Yang mau merasakan romantisme hutan mangrove Belitung disini tempatnya. Sudah pasti keren,” timpal Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, Belitung adalah destinasi wisata dengan tempat-tempat yang keren. Deretan pantai indahnya banyak. Apalagi dengan pasir putih dan deretan batu-batu granitnya. Bawah launya pun tak kalah hebatnya. Ada Pantai Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Tinggi, hingga Pulau Lengkuas.

“Bahkan Belitung punya Tanjung Kelayang yang telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Belitung nggak kalah dari Phuket Thailand. Silahkan datang dan eksplorasi Belitung. Dijamin ketagihan,” kata Mantan Dirut Telkom itu.(***)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *